Home » Call Paper

Call Paper

CALL FOR PAPER SENMEA 2019

Visi Indonesia emas di Tahun 2045 bertujuan untuk meningkatkan daya saing sektor teknologi dan manusia. Namun, kesiapan Indonesia sejauh ini masih sibuk mengejar revolusi Indonesia 4.0 dan jepang lebih maju selangkah dengan menerapkan Society 5.0. Saat ini pemerintah sedang menggalakaan penerapan revolusi industri 4.0, semua sektor gencar mengampanyekan revolusi industri yang memanfaatkan teknologi internet. Indonesia perlu membangun Big Data untuk memperkecil kesenjangan kemampuan adaptasi antar era teknologi.
teknologi ini berdampak pada perkembangan ekonomi diIndonesia . World Economic Forum menyebutkan bahwa akan ada 3,7 juta pekerjaan baru akan muncul sebagai dampak dari ekonomi digital dan 52,6 juta pekerjaan berpotensi hilang. Lalu bagaimana persiapan Indonesia saat ini? Kemana arah kebijakan pemerintah untuk mewujudkan ekonomi indonesia berdaulat?

Akademisi peneliti perlu berdialog untuk membahas tentang quo vadis ekonomi Indonesia saat ini, oleh karenanya kali ini Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri mengadakan kegiatan Seminar Nasional Manajemen Ekonomi dan Akuntansi (SENMEA) 2019 ini dengan tema “Revolusi Industri vs Society 5.0: Quo Vadis Masa Depan Ekonomi Indonesia Berdaulat”

Seminar Nasional Manajemen Ekonomi dan Akuntansi (SENMEA) merupakan event prestisius tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kegiatan ini telah berlangsung setiap tahun selama 3 tahun. Pada penyelenggaraan perdana tahun 2016, SENMEA mengusung tema “Strategi Pengembangan UMKM sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesiaa” menghadirkan pemateri utama Bupati Bojonegoro periode 2013-2018 Bapak Drs. Suyoto, M.Si sebagai representative regulator (pemerintahan), Dr. Hari Wahyono, M.Pd pakar dan pemerhati ekonomi dari Universitas Negeri Malang sebagai akademisi, dan Bapak Edy Purwanto, S.E., Direktur CV Citra Pengusaha Mandiri sebagai praktisi.
Penyelenggaraan SENMEA ke 2 yaitu tahun 2017 menyajikan tema “Mewujudkan kemandirian ekonomi melalui pergerakan sector strategis ekonomi domestika” menghadirkan narasumber Dr. Emil Elestianto Dardak (Bupati Trenggalek periode 2014-2019), Dr. Ir. Jamhadi (Staff Ahli KADIN Propinsi JawaTimur, dan Ketua KADIN Surabaya), dan Dr. H. Agung Winarno, M.M. Dosen dan pengamat ekonomi nasional dari Universitas Negeri Malang). Penyelenggaraan SENMEA ke 3 yaitu tahun 2018 menyajikan tema “Resiliensi Industri di Era Disruption 4.0” menghadirkan pemateri Dr. Eng. Khoirul Anwar, ST., M.Eng. (Direktur Center for Advanced Wireless Technology, Telkom University dan Penemu 4G), Dr. Indrianawati Usman, S.E., M.Sc. (Ketua Forum Manajemen Indonesia Korwil Jatim), dan Drs. Setyohadi, M.Si. (Presiden Indonesia Marketing Association).
Pada tahun 2019 ini SENMEA akan menyajikan tema: Revolusi Industri vs Society 5.0: Quo Vadis Masa Depan Ekonomi Indonesia Berdaulat. Kegiatan ini dilakukan sebagai wadah bagi peneliti perguruan tinggi, praktisi bisnis, dan pemerintah sebagai regulator untuk bediskusi terkait menyongsong perubahan lingkungan industry dan memenangkan persaingan global.

Seminar ini juga memberi kesempatan kepada para akademisi untuk publikasi dan mempresentasikan artikel atau makalahnya dalam sesi Call for Paper. Adapun tema – tema yang tercakup adalah sebagai berikut:

 

BIDANG MANAJEMEN a.  Manajemen Pemasaran
b.  Manajemen keuangan
c.  SDM
d.  Manajemen Operasional
e.  Manajemen Strategi
f.   Sistem Informasi Manajemen
g.  Financial Technology
h.  Enterpreneur
i.   Human Capital
BIDANG EKONOMI a.  Ekonomi Perencanaan Pembangunan
b.  Ekonomi Regional
c.  Ekonomi Moneter dan Kebijakan Publik
d.  Ekonomi Syariah
e.  Ekonomi Kerakyatan
f.  Ekonomi Pertanian
BIDANG AKUNTANSI a.  Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal
b.  Akuntansi Manajemen
c.  Akuntansi Sektor Publik
d.  Akuntansi Perilaku
e.  Akuntansi Syariah
f.   Sistem Informasi Akuntansi
g.  Audit
TEKNOLOGI INFORMASI a.  Artificial Intelligence
b.  Teknologi Informasi
c.  Sistem Informasi

 

MAKALAH:
Pemakalah terlebih dahulu mengirimkan abstrak untuk diseleksi terhadap topik yang diteliti. Setelah dinyatakan lolos seleksi abstrak, pemakalah mengirimkan makalah lengkap (full paper) untuk direview. Makalah ditulis dalam bahasa Indonesia maksimal 10 halaman, diketik dengan menggunakan format doc. Format makalah dapat didownload di link FORMAT PENULISAN MAKALAH. Makalah yang dikirimkan harus sesuai dengan format makalah senmea 2019.

PENGIRIMAN MAKALAH
Pengiriman makalah dilakukan secara online dengan login pada link LOGIN SENMEA 2019. Jika belum memiliki akun, maka lakukan registrasi terlebih dahulu melalui link REGISTRASI SENMEA 2019.

 

Config Server by Classy Indonesia