Home » Halaman Utama

Halaman Utama

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 terjadi dengan sangat cepat menjadi tantangan tersendiri bagi Negara-negara berkembang seperti Indonesia. Vortalitas di pasar keuangan semakin meningkat, sector perdagangan bersaing semakin ketat, teknologi digital, robotika, dan kecerdasan buatan berkembang pesat. Hal ini dapat mendisrupsi berbagai sector dan menghambat pertumbuhan ekonomi. Hal ini perlu disikapi oleh semua pihak, mulai dari Pemerintah, dunia industri, masyarakat, dan perguruan tinggi.
Salah satu kunci untuk memenangkan kompetisi di era ini adalah dengan memperkuat riset dan mutu lulusan pendidikan tinggi. Menghasilkan sumberdaya manusia yang kompeten dan berdaya saing global mengikuti perekonomian global yang sedang bergeser dan berubah.
Permintaan tenaga kerja bukan lagi pada sektor industry padat modal, namun pada tren start up, menjual produk komoditas local berbasis daring dengan konsep B2B maupun B2C sehingga supply chain terpangkas dan beresiliensise demikian rupa dengan tetap mengedepankan value added. Resiliensi dalam hal ini adalah kemampuan dari suatu system untuk bertahan atau melenting kembali secara terjadi gangguan tanpa mengubah fungsi dasar dari sistem tersebut.
Berdasarkan paparan diatas, dipandang perlu bagi perguruan tinggi untuk terus menerus mengup-grade ilmu pengetahuan dan menyosialisasikan isu-isu terbaru berkaitan dengan perekonomian nasional melalui penyelenggaraan temu ilmiah berupa seminar nasional yang mengkaji secara mendalam fenomena-fenomena, mengidentifikasi beragam permasalahan yang dihadapi dari berbagai dimensi. Bertukar pemikiran antara akademisi, praktisi, dan regulator dalam hal ini adalah pemerintahan baik tingkat daerah maupun nasional, sehingga menemukan solusi terbaik bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Seminar Nasional Manajemen Ekonomi dan Akuntansi (SENMEA) merupakan event prestisius tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kegiatan ini telah berlangsung setiap tahun selama 3 tahun. Pada penyelenggaraan perdana tahun 2016, SENMEA mengusung tema a??Strategi Pengembangan UMKM sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesiaa?? menghadirkan pemateri utama Bupati Bojonegoro periode 2013-2018 Bapak Drs. Suyoto, M.Si sebagai representative regulator (pemerintahan), Dr. Hari Wahyono, M.Pd pakar dan pemerhati ekonomi dari Universitas Negeri Malang sebagai akademisi, dan Bapak Edy Purwanto, S.E., Direktur CV Citra Pengusaha Mandiri sebagai praktisi.
Penyelenggaraan SENMEA ke 2 yaitu tahun 2017 menyajikan tema a??Mewujudkan kemandirian ekonomi melalui pergerakan sector strategis ekonomi domestika?? menghadirkan narasumber Dr. Emil Elestianto Dardak (Bupati Trenggalek periode 2014-2019), Dr. Ir. Jamhadi (Staff Ahli KADIN Propinsi JawaTimur, dan Ketua KADIN Surabaya), dan Dr. H. Agung Winarno, M.M. Dosen dan pengamat ekonomi nasional dari Universitas Negeri Malang)
Pada tahun 2018 ini SENMEA akan menyajikan tema :a??Resiliensi Industri di Era Disruption 4.0a??. Sebagai respon akademis iterkait isu perubahan lingkungan industry secara cepat dan berdampak pada kebutuhan akan inovasi. Kegiatan ini dilakukan sebagai wadah bagi peneliti perguruan tinggi, praktisi bisnis, dan pemerintah sebagai regulator untuk bediskusi terkait menyongsong perubahan lingkungan industry dan memenangkan persaingan global.

 

Config Server by Classy Indonesia